Bertemu Benjamin Cook di LUX

SAYA MENDATANGI KANTOR LUX yang berlokasi di dalam area Waterlow Park Center, Dartmouth Park Hill. Taman tersebut terletak di sebelah Highgate Cemetery, “East Cemetery”, tempat terletaknya makam Karl Marx.

Agenda hari kedua ini adalah bertemu dengan Benjamin Cook (Direktur LUX) untuk mendiskusikan garis besar proyek penelitian Vaulting the Oceans. Dari Ben, saya mendapatkan izin untuk mengakses semua arsip yang dikoleksi oleh LUX. Berdasarkan prediksi saya sejak di Jakarta, kemungkinan besar data-data yang saya butuhkan untuk penelitian kuratorial ini sudah di-database-kan secara online. Jadi, Ben cukup memberi id khusus (username beserta password) yang bisa saya gunakan untuk mengakses semua data online secara gratis.

Di hari pertemuan ini, yang mana merupakan hari pertama kunjungan saya ke kantor LUX dalam rangka penelitian ini (saya mendarat di London kemarin, tanggal 28 Mei 2018 dan tiba di penginapan pukul 21:00 waktu setempat), saya juga sempat berdiskusi dengan Ben tentang rencana untuk melakukan semacam presentasi kecil—yang akan difasilitasi oleh LUX—untuk berbagi pengalaman tentang aktivitas saya bersama Forum Lenteng di Indonesia kepada para pegiat film yang ada di Inggris, dan dari diskusi bersama hadirin setelah presentasi itu, nantinya, diharapkan terjadi pertukaran pengetahuan antara praktik dan gagasan film-film di Inggris dan Indonesia, Asia Tenggara, dan Asia.

Menanggapi rencana itu, Ben menawarkan kepada saya untuk melakukan presentasi kecil tersebut pada acara kegiatan lokakarya bersama sejumlah mahasiswa S2 yang kebetulan akan dilaksanakan keesokan harinya (30 Mei). Saya pun menyetujui tawaran tersebut.

Diskusi dengan Ben pada hari pertama ini berlangsung singkat karena kami bertemu saat hari sudah petang, yakni pukul 15:00. Hari itu London diguyur hujan sedari pagi sehingga cukup sulit untuk melakukan aktivitas perjalanan ke tempat lain, sedangkan jam operasional LUX pada hari itu sudah mau berakhir. Pada pukul 17:00 lewat beberapa menit, saya kembali ke penginapan dengan berjalan kaki ke arah Tenggara, melewati Archway Station, menuju perumahan Cornwallis Square, London Borough of Islington. ***


Klik di sini untuk kembali ke halaman utama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: