rasanya ini target yang tidak realistis

Gila! Sungguh gila! Rasanya memang tak mungkin untuk menggambar lima karya oil pastel setiap hari. Kemarin saja saya gagal menyelesaikan lima gambar; saya hanya sanggup membuat tiga gambar. Artinya, dua gambar sisanya menjadi utang untuk diselesaikan hari ini: saya harus membuat tujuh gambar hari ini. Dan dari tujuh gambar, saya baru menyelesaikan tiga. Dengan kata lain, masih ada total empat gambar lagi yang harus saya buat agar semuanya memenuhi target: lima gambar setiap hari, agar bisa mencapai seratus gambar sesuai dengan agenda yang sudah saya rancang. Tapi rasanya untuk merealisasikan itu semua, sungguh, sungguh tidak mungkin!

Ampun!

Saya masih berkutat dengan adegan mengambil dompet di film Pickpocket, belum lagi pindah ke film lain. Dan saya sudah menghabiskan begitu banyak warga merah, putih, dan hitam. Empat jari tangan kanan saya—telunjuk, jari tengah, manis, dan kelingking—juga sudah teras sangat perih, seperti kapalan, atau bengkak yang biasa dialami oleh orang-orang yang baru belajar bermain gitar. Jari-jari itu saya gunakan untuk meratakan warna agar meresap ke karton board dan agar warnanya solid. Awalnya ini mengasyikkan, tapi jika itu dilakukan setiap hari dan seharian, lama-lama jari saya bisa meledak.

Sementara itu, saya juga sedang menunggu teks-teks yang harus saya sunting untuk kebutuhan proyek seni di Lombok. Tapi teks-teks utama belum masuk ke email saya; saya masih menunggunya dari Otty dan Sibawaihi. Karena menunggu inilah saya rasanya masih punya cukup waktu untuk mengejar target “lima gambar oil pastel setiap hari”, tapi itu pun belum bisa terpenuhi semua. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana nantinya jika tugas-tugas menyunting tulisan sudah tiba; bisa-bisa saya tak akan punya waktu membuat gambar satu pun. Kalau itu terjadi, proyek “buku seni” saya bakalan ke laut!

Katanya, Sibawaihi masih kurang enak badan hari ini. Saya tidak melihat batang hidungnya sedari pagi; saya pun tak menyempatkan diri ke lapangan futsal yang sudah dibersihkan itu. Hari ini benar-benar gila karena saya sudah seperti orang gila di dalam campcraft ini berusaha menyelesaikan lima gambar plus dua gambar utang kemarin. Kalau empat gambar yang belum selesai hari ini gagal pula saya selesaikan malam ini, maka semakin menumpuklah utang saya.

Oh, benar-benar gila!

 

Pemenang, 9 Februari 2019, 21:43 WITA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: