ke dusun tebango

Hari ini, untungnya, saya tak seharian di depann laptop. Pukul lima sore, tiba-tiba Metawadi, salah seorang pemimpin umat Buddha di Dusun Tebango, datang ke Pasirputih, mengajak beberapa anggota Pasirputih untuk hadir di acara mereka. Sebenarnya acara itu adalah ibadah untuk menyatukan kembali hubungan batin antara anak dan orang tua mereka, katanya dilaksanakan setiap purnama. Ibadah hari ini adalah yang pertama kali dilakukan sejak pasca-gempa Lombok.

Saya, Sibawaihi, Otty, Theo, Anggra, Pingkan, dan Yani datang berkunjung ke sana untuk silaturahmi. Kegiatan berkunjung ke kampung-kampung umat agama non-muslim ini kerap dilakukan oleh Pasirputih untuk menjaga tali silaturahmi antarumat beragama di Kecamatan Pemenang.

Saat saya melihat ritual ibadah tersebut, yakni anak-anak membasuh kaki kedua orangtuanya, saya jadi terharu. Saya juga melihat beberapa orang tua dan anak-anak menangis usai melakukan ritual tersebut. Setelah ritual membasuh kaki dilakukan, ritual dilanjutkan dengan membrikan suapan pertama makan malam, dari anak-anak ke orang tua.

Metawadi (kiri) saat berbincang menemani kami, usai ritual membasuh kaki.

Kalau dilihat-lihat, peristiwanya sederhana saja, dan tidak berlebihan. Tapi saya merasaka nuansa khusyuk yang kuat dari para umat yang beribadah tersebut. Setelahnya, kami berbincang dengan Metawadi tentang rencana-rencana yang berkaitan dengan penyelenggaraan Bangsal Menggawe 2019, karena umat Buddha dari Dusun Tebango ini juga ikut berpartisipasi. Selain itu, Metawadi juga sempat menjelaskan sejumlah makna-makna filosofis dari ritual yang baru saja kami saksikan.

 

Pemenang, 19 Februari 2019, pukul 20:53 WITA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: