catatan kemarin dan hari ini

Hari ini, saya dan Yani hanya sanggup menyelsaikan dua ratus kartu nomor parkir yang akan digunakan untuk penanda motor-motor yang parkir di lapangan Bangsal Cup pada senja hari, yang pemiliknya akan mengikuti kegiatan berdoa bersama di Pelabuhan Bangsal, Kecamatan Pemenang. Jika ditotal dengan jumlah kartu yang kami buat kemarin, baru ada tiga ratus, padahal Sibawaihi meminta saya dan Yani untuk membuat dua ratus kartu nomor. Semoga saja dua ratus yang belum terbuat bisa kami selesaikan sebelum sore besok.

Sekarang ini pukul setengah tujuh malam lebih tiga puluh enam menit. Saya punya kesempatan menghadapi layar laptop ini lebih awal. Rapat rutin (yang tidak bisa ditinggalkan karena kami cuma punya sisa waktu tiga hari lagi sebelum hari puncak Bangsal Menggawe 2019) baru akan dimulai pukul sembilan malam nanti.

Mengumpulkan bambu untuk membuat obor.

Total, kami membuat 1022 obor dari bambu.

Kemarin, aktivitas saya cukup beragam. Selain membuat kartu nomor parkir, saya juga ikut mengumpulkan bambu tambahan untuk dijadikan obor. Kami berhasil mengumpulkan bambu itu untuk membuat seribu obor yang akan dibagi-bagikan ke sejumlah dusun di Kecamatan Pemenang, terutama ke himpunan-himpunan remaja di dusun-dusun tersebut. Tentu saja, seribu adalah jumlah yang sangat kurang, tetapi sebenarnya pembagian ini hanya sebagai pemantik karena idenya adalah warga membuat sendiri obornya sebagai bentuk kontribusi mereka ke acara yang pada dasarnya adalah memang milik warga lokal di kecamatan ini.

Yani sedang memaku marka ke tiang bambu.

Yani dan Ijtihad sedang membuat marka untuk Bangsal Menggawe 2019.

Yani sedang memotong karton menjadi kartu parkir.

Masih hari kemarin, sore hari, saya dan Yani membuat beberapa teks yang ditempelkan ke papan tripleks dan dilekatkan pada tiang bambu. Itu untuk penanda beberapa titik lokasi, seperti lokasi berdoanya kamu Muslim, Hindu, dan Budha yang tentu saja harus berbeda karena doa tersebut dilakukan sesuai dengan kepercayaan masing-masing kelompok agama. Setelah selesai membuat marka tersebut, barulah kami memotong-motong karton kuning untuk ditulistangankan angka-angka, menjadi kartu kecil untuk penanda parkir, seukuran 5×5 cm.

Malam harinya, sebagaimana catatan saya kemarin: rapat rutin. Untung saja saya berhasil membuat dua paragraph saja untuk diunggah ke blog.

Tadi pagi, saya terbangun cukup kesiangan. Saya baru sadar bahwa stok baju bersih saya habis. Saya pun memutuskan untuk mencuci tiga helai baju kaos dan sebuah celana jeans. Tapi saya teledor, lupa mengangkat baju itu ketika hujan membasahi Pemenang Timur sekitar pukul dua belas siang.

Menu makanan yang dimasak oleh Alya hari ini (27 Februari 2019).

Menu yang dimasak oleh Ace kemarin (26 Februari 2019).

Menu makan siang hari ini dimasak oleh Alya—si petugas piket dapur. Masakannya lezat, terutama beberoq terong bakarnya, tetapi terasa sangat pedas.

Usai makan siang, saya dan Yani melanjutkan kegiatan membuat kartu parkir. Satu jam sebelum pukul empat sore, dua ratus nomor berhasil dirampungkan. Saya kemudian mencoba membuat sebah teks singkat untuk diunggah ke akun sekunder Instagram saya, @embaragram, tentang lanjutan cerita Sarah—sebuah fiksi yang saya rancang berdasarkan pengenalan saya dengan Sarah, anak dari saudara sulung saya.

Belum sempat teks itu saya unggah ke Instagram, Pingkan mengirimi saya chat di WhatsApp, memberitahukan agar saya segera ke rumah Gozali untuk bersiap-siap mengambil kamera, mendokumentasikan kegiatan performance yang akan Ana, Gozali, dan Pingkan lakukan di Pelabuhan Bangsal pada pukul setengah lima. Performance itu adalah bagian dari proyek teater mereka yang bertajuk Isin Angsat—berarti ‘sisa-sisa’.

Kegiatan mendokumentasikan performance mereka cukup melelahkan juga karena kami harus mengelilingi Pelabuhan Bangsal, berakhir di lapangan Bangsal Cup yang berjarak kira-kira lima menit berjalan kaki ke arah perempatan Pemenang.

Aduh, sekarang ini saya merasa perut saya mules! Sial!

 

Pemenang, 27 Februari 2019, pukul 19:49 WITA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: