memberi lokakarya tentang memproduksi informasi

Saya sengaja bangun lebih pagi hari ini karena semalam Sibawaihi meminta saya untuk memberikan lokakarya singkat selama empat hari ke depan, tentang “produksi informasi”, untuk teman-teman anggota Pasirputih. Berdasarkan kesepakatan, lokakarya yang kemudian menjadi bagian dari program KelasWah Pasirputih itu akan dilakukan setiap pukul sepuluh pagi. Saya bekerja sama dengan Albert (ketua Komunitas Gubuak Kopi), Theo, dan Anggra untuk memberikan materi.

Suasana lokakarya di KelasWah Pasirputih tanggal 6 Maret 2019 (Foto: Muhamamd Sibawaihi).

Pemberian materinya sederhana saja. Saya berbicara sedikit tentang fenomena konglomerasi media, menjelaskan esensi dari aktivisme kultural, dan memberikan tiga contoh tulisan yang dapat dipelajari konstruksinya agar partisipan bisa mulai melatih diri membuat karya tulis yang baik, serta sebuah artikel dari Fuentes tentang 10 hal utama yang perlu dilakukan jika ingin menjadi penulis yang baik.

Siang hari, di sesi pertama lokakarya, saya juga sempat meminta teman-teman yang mengikuti lokakarya itu untuk membuat sebuah puisi. Secara keseluruhan, lokakarya sesi pertama, kedua, dan ketiga berakhir pada pukul setengah enam sore. Rencananya, sesi keempat, tentang “bunyi sebagai informasi dan karya seni”, akan diisi oleh Theo, dan baru akan dimulai selesai Isya.

Saya pun harus bersiap-siap untuk menghadiri sesi Theo tersebut.

Oh, iya! Hari ini saya juga sedang berusaha menggali ide untuk melanjutkan cerita Sarah. Tapi saya belum menemukan sudut pandang baru yang menarik.

 

Pemenang, 6 Maret 2019, pukul 20:04 WITA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: