bertemu wafda dan teman-temannya

Sekarang, pukul sembilan malam lebih tiga menit, saya duduk di tengah gelap, di ruangan kelas Mendea, tempat dilaksanakannya lokakarya Kelas Wah Pasirputih. Sejak tadi pagi, pertemuan kedua lokakarya dilakukan. Kami saling berbagi tentang cara memahami puisi, baik puisi yang menggunakan teks, ataupun visual dan bunyi.

Wafda (kiri), Azam (baju kuning), dan Robi (baju biru) menggambar gajah terbang.

Siang hari, saya bertemu Wafda, anaknya Gozali, dan tiga orang temannya: Azam, Robi, dan Asfa. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Saya ajak mereka menggambar menggunakan oil pastel. Terkait dengan kebutuhan saya untuk mencari ide agar bisa melanjutkan cerita tentang Sarah, saya meminta mereka membuat gambar gajah terbang. Gajah terbang yang bagaimana? Bebas. Mereka bebas berimajinasi. Hasilnya? Luar biasa, setidaknya menurut saya. Sangat luar biasa. Saya selalu takjub, betapa anak-anak kecil mampu melayangkan imajinasinya ke titik yang kerap tak terduga.

 

Gajah terbang.

Nah, sore harinya, saya berusaha membuat bab baru untuk “cerita tentang Sarah”. Saya teringat bahwa Imran pernah bercerita tentang “benda temokan” yang dikenal di Pemenang. Kisah itu saya jadikan latar untuk melengkapi “cerita tentang Sarah”. Saya pikir, lanjutan cerita tentang bagaimana cara membuat mesin sayap untuk menerbangkan tokoh Si Gajah dalam “cerita tentang Sarah” itu akan saya tulis besok atau lusa, mengacu pada imajinasi Wafda, Azam, dan Robi (Asfa tidak ikut menggambar karena ia masih sangat balita).

Sekarang, mala mini, saya duduk di dalam gelap, menyimak lokakary bunyi yang dipandu oleh Theo untuk teman-teman Pasirputih.

 

Pemenang, 8 Maret 2019, pukul 21:08 WITA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: