galau

Hampir saja saya lupa mengetik catatan untuk hari ini. Tadi, pukul sembilan malam, saya diajak Sibawaihi ke Dusun Tebango, ke kampung umat Budha, menghadiri acara diskusi harian mereka setiap malam. Di sana, mereka membahas tentang nilai-nilai spiritualitas dan kaitannya dalam kebijakan diri menyikapi hal-hal yang sifatnya materialitas. Tapi, selama diskusi itu berlangsung, saya tidak bisa fokus karena berbincang via chat dengan beberapa kawan: saya sedang galau apakah akan pergi ke Bandung pada tanggal 15 Maret nanti untuk menghadiri pameran Milisifilem yang bertajuk “Fiksimilisi”, atau tidak. Pertimbangan pertama, tentu, soal biaya perjalanan. Pertimbangan kedua, kondisi fisik. Soalnya, saya baru akan sampai di Jakarta dari Lombok pada tanggal 15 pagi hari, sedangkan acara pembukaan pameran tersebut akan diadakan pukul tujuh malam harinya. Sebenarnya, bisa saja saya segera menyusul dengan mengejar kereta dari Gambir ke Bandung yang berangkan pukul 12 siang, tapi… yah… saya masih menimbang-nimbang.

Suasana diskusi di dusun Tebango (9 Maret 2019).

Dan kalau saja saya tidak teringat Ijul, saya tidak akan teringat proyek catatan ini. Dan kalau saja saya tidak segera mengingatkan Sibawaihi bahwa saya harus mengetik sebelum pukul dua belas malam, sudah tentu catatan hari ini terlewatkan.

Tadi pagi adalah pertemuan ketiga lokakarya Kelas Wah di Pasirputih. Tidak banyak materi yang saya sampaikan karena pada dua pertemuan sebelumnya saya sudah cukup banyak berbagi pengalaman dan referensi kepada teman-teman Pasirputih. Selain membahas foto esai yang mereka buat kemarin, kegiatan lokakarya hari ini ditutup dengan saling mendeklamasikan puisi yang dibuat oleh masing-masing partisipan. Mereka semua berjanji bahwa akan mencoba membuat proyek puisi, satu hari satu puisi, sebagai metode untuk melatih kesenangan dalam dunia tulis-menulis dan kesusasteraan.

Dan sekarang, pukul sebelas malam lebih tujuh belas menit, saya masih saja galah, apakah harus ke Bandung atau tidak…

 

Pemenang, 9 Maret 2019, pukul 23:17 WITA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: