catatan malam terakhir di Pemenang

Hari ini, ketika bangun pukul setengah sebelas siang, saya langsung pergi dengan tergesa-gesa menuju berugaq Pasirputih, mencari Hamdani dan Oka. Sebab, kami berjanji bahwa hari ini kami akan “berburu bunyi”, yaitu merekam bunyi-bunyi lingkungan sekitar (soundscape) atau bunyi-bunyi yang bisa dihasilkan dari benda-benda yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Sebenarnya, kegiatan itu adalah simulasi atau uji coba dari gagasan yang saya tawarkan dalam proyek “Sound of Our Earth”, karena output-nya nanti ialah pemetaan bunyi. Kami berencana akan membuat peta manual berupa denah beberap lokasi. Peta itu nanti akan disunting dan ditransformasi menjadi image interactive yang bisa menunjukkan sejumlah data tentang rekaman-rekaman bunyi yang sudah kami kumpulkan. Sebagai uji coba, kami mengambil ruang lingkup area markas Pasirputih, dan hasil uji coba ini nantinya akan dikembangkan oleh teman-teman Pasirputih sebagai program pengarsipan bunyi yang dikerjakan secara berkelanjutan, dan daerah observasinya akan meluas hingga ke seluruh Dusun Karang Subagan, lalu desa-desa di Pemenang, hingga ke seluruh area Kecamatan Pemenang.

Oka sedang merekam bunyi-bunyi atap markas Pasirputih.

Tapi sayangnya, kegiatan simulasi itu tidak dapat selesai hari ini karena Oka tiba-tiba terserang demam (hari ini cuaca tidak begitu baik).

Malam ini adalah malam terakhir saya di Lombok untuk rangka Bangsal Menggawe. Besok, saya dan kakak saya, Afifah, akan pulang ke Jakarta menggunakan jalur darat dan laut, melintasi Surabaya. Tahun depan, rencananya saya akan kembali lagi ke sini untuk berkontribusi di Bangsal Menggawe berikutnya.

Suasana di campcraft malam ini, tanggal 12 Maret 2019. Di dalam foto adalah Ilham, salahs atu pegiat Bale Kebon, Kecamatan Pemenang.

Karena hari ini adalah malam terakhir, jadi kegiatan saya hanya packing barang-barang pribadi dan merapikan sampah-sampah bungkus rokok Dji Sam Soe saya untuk diolah menjadi wadah berkarya visual.

Saya baru membuat catatan ini setelah semua pekerjaan itu selesai.

 

Pemenang, 12 Maret 2019, pukul 23:59 WITA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: