di bandung

Tepat ketika saya mengeluarkan laptop dari tas ransel Ijul, orang-orang yang duduk di dekat saya berseru. Terutama, yang suaranya paling keras, adalah Melisa dan Dhuha. Yang perempuan berseru, “Masih buka laptop?!” Sedangkan yang laki-laki menirukan kalimat-kalimat saya yang kerap saya gunakan dalam catatan harian.

Kiri ke kanan: Asti, saya, Dhuha, dan Maria (semuanya lulusan Kriminologi, Universitas Indonesia). (Foto: Pingkan Polla).

Milisifilem. (Foto: temannya Mika).

Mau tidak mau, saya harus membawa laptop ini ke mana-mana, sewaktu-waktu saya harus membukanya dan menyempatkan diri membuat catatan harian. Sebab, rules yang saya tetapkan sendiri dalam proyek pribadi “mencatat setiap hari” ini ialah, data pembuatan dan penyimpanannnya harus juga terekam di laptop ini sesuai dengan tanggal dan jam asli catatan-catatan ini dibuat. Karena biasanya saya mencatat malam hari, maka di waktu-waktu malam, apa pun kegiatannya, saya pasti akan berusaha mencuri kesempatan untuk mengetik, menggunakan laptop ini.

(Foto: Pychita Julinanda)

Sekarang, saya sudah berada di Bandung. Jam tujuh malam tadi, acara pameran “Fiksimilisi” sudah dibuka. Dan setelah acara pembukaan pameran itu usai, beberapa kawan berinisiatif untuk melanjutkan kegiatan nongkrong di Tambuhak di daerah Sukawarna. Yang ikut nongkrong, antara lain: Ijul, Walay, Rian, Luthfan, Melisa, Robby, Dhuha, dan Dini. Core of the core dari nongkrong ini adalah makan roti bakar, beberapa yang lain ingin minum alkohol.

 

Bandung, 15 Maret 2019, pukul 22:52 WIB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: