malam terakhir di bandung

Pagi ini, pukul sembilan, saya sarapan pagi bersama Yuki, Hafiz, Otty, dan Bodas. Sekitar pukul sepuluh, pasukan Milisifilem yang lainnya berdatangan karena memang sudah ada janji bahwa pagi hari kami akan melakukan meeting singkat untuk membahas agenda-agenda Forum Lenteng ke depan, terutama setelah kegiatan Bangsal Menggawe di Lombok Utara dan pameran “Fiksimilisi” di Bandung. Sebelum dan di saat rapat, kami juga sempat bersama-sama membahas perkembangan terbaru dalam skena senirupa, salah satunya ialah terpilihnya ruangrupa sebagai Direktur Artistik penyelenggaraan Documenta.

Suasana acara diskusi di pameran “Fiksimilisi”, Orbital Dago, Bandung, 16 Maret 2019.

Siang hari, setelah rapat, kami berjalan-jalan ke Museum Geologi. Saya, Ijul, Theo, Ule, Vian, dan Andra menumpang mobil Niska. Jalanan cukup macet, dan Niska mengajak kami untuk membeli brownies terlebih dahulu. Ketika menyadari bahwa hari sudah pukul setengah dua siang, sementara museum akan tutup pukul dua, akhirnya kami memutuskan untuk tidak ke Museum Geologi dan lebih memilih makan siang di Yoghurt Cisangkuy.

Sketsa yang dibuat oleh Otty Widasari ketika kami melakukan rapat tadi pagi.

Pukul empat sore, kami kembali ke Orbital Dago karena aka nada diskusi mengenai kuratorial pameran. Acara diskusi itu didominasi oleh partisipan Milisifilem, tetapi ada juga beberapa orang di luar Forum Lenteng. Diskusi yang berlangsung lebih banyak membahas proses yang dilalui Milisifilem sejak tahun 2017 dan bagaimana akhirnya sampai ke penyelenggaraan pameran di Orbital Dago.

Usai diskusi, rombongan Forum Lenteng bergerak mencari makan malam entah di mana, karena mayoritas dari kami mengusulkan untuk makan seafood.

Sekarang, detik ini, pukul tujuh malam lebih dua belas menit, saya, Maria, Dhuha, dan Luthfan, masih bertahan di Orbital Dago karena Riyani, salah satu teman yang dulu juga pernah terlibat di program Diorama Forum Lenteng, datang berkunjung untuk melihat pameran “Fiksimilisi”. Saya mengetik paragraf terakhir ini sembari mendengarkan Maria membacakan artikel yang sudah dibuatnya.

 

Bandung, 16 Maret 2019, pukul 19:14 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: