intensitas untuk menulis

Ketika saya memulai catatan ini, saya mendengar suara Onyong membacakan sebuah puisi berjudul entah apa. Sebelumnya, ia dan Theo menyanyikan lagu Efek Rumah Kaca yang berjudul Di Udara.

Saya baru saja usai menyunting tulisan Sibawaihi yang diperuntukkan sebagai pengantar buku yang sedang ditulis oleh Afifah. Saya masih menunggu satu bagian lagi dari Afifah untuk dimasuksertakan ke dalam buku itu, demi kelengkapan dari segi konstruksi gagasan, pengalaman, dan pemikiran terkait proyek Aksara Tani yang ia lakukan bersama teman-teman Pasirputih sejak tahun 2017 di pulau Gili Meno dan Lombok.

Pukul sepuluh malam lebih tiga puluh menit sekarang. Badan saya pegal sekali rasanya karena mayoritas waktu saya gunakan untuk duduk di kursi menghadapi laptop, di teras belakang Forum Lenteng.

Tapi kelelahan semacam ini justru tak membuat saya menyesal sama sekali karena saya mengisi hari dengan menyunting—dan secara tak langsung juga membaca—teks-teks yang menginspirasi. Mungkin akan ada banyak orang yang akan beranggapan bahwa gaya penulisan Afifah tak secanggih para sastrawan atau para akademisi handal. Tapi buat saya, kejujuran dan intensitasnya dalam membuat tulisan, mau tak mau, mendorong saya untuk mengacungkan seribu jempol yang saya punya kepadanya.

Semoga proses pengerjaan buku ini dapat segera selesai. Kami masih punya banyak PR sebelum buku itu bisa terbit: LAYOUT!

 

Jakarta, 24 Maret 2019, pukul 22:37 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: