proyek arsip bunyi

Hari ini, tanggal 1 April, saya memulai proyek baru—sembari tetap melanjutkan proyek-proyek lainnya—untuk blog ini, yaitu proyek pengarsipan bunyi dari aktivitas sehari-hari, yang saya beri nama “Bunyi”. Rencananya, saya akan merekam minimal satu bunyi yang saya rasa menarik untuk dibingkai (karena persoalan yang dikandungnya ataupun karena komposisi alamiahnya) menjadi karya bebunyian, lalu diarsipkan. Jika nanti rekaman-rekaman bunyi ini telah terkumpul cukup banyak, saya juga berencana akan membuat komposisi-komposisi bunyi menggunakan materi-materi tersebut.

Arsip bunyi yang saya kumpulkan tersebut [sudah dan akan] saya terbitkan di dua tempat. Pertama, di dalam arsip bunyi yang tersedia di blog ini—Anda bisa meninjaunya dengan memeriksa kolom widget pada halaman beranda blog. Kedua, di situs Bandcamp. Pemilihan situs Bandcamp sebagai kanal distribusi kedua dilatarbelakangi alasan bahwa situs tersebut dapat memperluas cakupan distribusi materi tersebut, dan orang-orang yang ingin mempergunakan materi tersebut juga bisa mengunduhnya. Mengikuti aturan standar dari Bandcamp, setidaknya setiap materi yang dipajang di situs itu diberi harga unduhan, yaitu minimal sebesar 1 USD. Sebenarnya, bisa saja saya meletakkannya secara gratis. Akan tetapi, jika jumlah unduhan tidak memenuhi target, materi itu akan secara otomatis menjadi berbayar (menurut kebijakan dari Bandcamp-nya sendiri). Oleh karena itu, lebih dari awal saya letakkan saja dengan harga yang—bisa dibilang—cukup murah.

Saya mulai berpikir juga, apakah hari ini, tanggal 1 April, saya akan memulai proyek “video harian” yang juga sudah saya rencanakan sejak jauh-jauh hari, atau menunggunya hingga tanggal 1 Mei nanti…? Saya belum memutuskan. Sekarang masih sore, pukul lima lebih dua puluh lima menit. Saya masih punya waktu hingga pukul sebelas malam untuk mengambil keputusan.

Terkait rencana proyek “video harian” itu, saya sedang mencoba berspekulasi tentang ranah YouTube-YouTube-an. Bukan dalam maksud saya ingin menjadi YouTuber, tetapi saya hendak melakukan tanggapan kritis terhadap fenomena YouTuber ini melalui wacana—melalui “content ciriticism” sebagaimana biasanya kerja media alternative mengkritisi kerja media massa arus utama. Dalam konteks persoalan yang sedang saya coba bingkai dalam proyek “video harian” itu nanti, konten-konten YouTuber yang sekarang ini sudah ada dilihat sebagai konten media arus utama, yakni “arus utama para YouTuber”. Nah, bagaimana kiranya kalau fenomena tersebut ditanggapi lewat “video harian” yang beranjak dari kecenderungan-kecenderungan umum para YouTuber dalam mengelola konten mereka? Saya rasa ini akan menjadi menarik meskipun hampir tidak mungkin untuk menjadi populer. Selain itu, sebenarnya proyek “video harian” yang sedang saya rencanakan itu juga terinspirasi dari rekaman-rekaman harian visual-nya Jonas Mekas, si Bapak Film Bawah Tanah Amerika itu.

Sengaja saya menulis catatan harian sore hari ini karena nanti malam akan diadakan penayangan film dalam rangka program “Senin Sinema Dunia” Forum Lenteng. Saya juga mesti harus segera menyelesaikan esai ketiga tentang @masdalu. Jika catatan ini saya tunda hingga larut malam, saya tak akan bisa melakukan kedua hal penting yang saya sebut itu dengan konsentrasi yang maksimal.

Ya, begitu.

Dan tentu saja—hampir lupa saya katakan—rencana-rencana yang saya catat di catatan harian kali ini bukanlah dalam rangka April Mop.

 

Jakarta, 1 April 2019, pukul 17:32 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: