kembali ke suntingan buku sembari tetap merekam bunyi

Hari ini, saya kembali lagi fokus di depan komputer untuk mengerjakan suntingan buku Afifah. Untuk proses layout, saya sudah masuk ke Bab 3. Saya mengerjakan itu hingga sore hari.

Pada pagi hari—sebenarnya bukan pagi, tapi siang karena saya bangun pukul sepuluh—saya menyempatkan diri untuk merekam beberapa bebunyian, seperti bunyi kipas angin, bunyi air yang dijarang, dan bunyi aktivitas penjual ketoprak yang lewat di depan markas. Detik ini, ketika saya mengetik catatan ini, saya juga tengah merekam bunyi zikir dan azan yang setiap hari terdengar kencang dari toa masjid di dekat markas kami. Tapi, untuk merekam suara zikir dan azan ini, saya menggunakan smartphone milik saya karena perekman digital yang biasa saya gunakan sedang dipinjam oleh Theo. Mungkin Theo juga sedang mencari bunyi-bunyi yang lain di tempat lain.

Semalam, Theo mengajak saya untuk membuat sebuah proyek yang ia istilahkan split album, yang diisi oleh dia dan saya, dalam bentuk kaset (Side A dan Side B). Katanya, sekarang ini biasanya orang akan membuat konten berdurasi empat puluh menit (20 menit untuk setiap side), dan untuk meng-copy 50 kaset, dibutuhkan modal sebesar lima ratus ribu rupiah. Theo mengajak saya membuat rekaman tentang bebunyian, menindaklanjuti proyek Bunyi yang tengah saya kerjakan dan proyek Gelombang Audiozine yang dikelola oleh Theo.

Di mata saya pribadi, ajakan itu cukup menarik, hitung-hitung ini adalah pengalaman baru untuk mulai menjajaki dunia perbunyian di ranah seni di Indonesia.

Sekarang, pukul tujuh malam lebih delapan menit. Sebentar lagi, saya, Dhuha, Maria, dan Otty akan menggelar rapat mingguan untuk program AKUMASSA.

Jadi, hal yang sudah saya kerjakan atau hasilkan hari ini adalah: empat rekaman bunyi, progress suntingan buku Afifah, dan catatan harian ini.

Saya harus ingat, bahwa saya harus membaca Kantapura sebelum tidur.

 

Jakarta, 11 April 2019, pukul 19:09 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: