olah tubuh sepagian, cari makan sesiangan, tidur siang setengah harian

Tadi pagi, kelas seni performans dimulai pukul delapan. Agak lebih siang karena banyak partisipan yang kebablasan tidur—jam resmi kelas ini sebenarnya pukul enam pagi.

Latihan kelas seni performans pada hari ini, oleh Hafiz, disituasikan secara berbeda. Jikalau biasanya kami “masuk ke ruang representasi” di dalam lingkungan yang sudah dibatasi oleh lakban hitam, yaitu sepetak area di dekat pintu depan ruang rapat markas kami, hari ini yang menjadi ruang representasi justru area di luar garis lakban hitam tersebut.

Hafiz mengajarkan kami gagasan tentang “skenografi ruang” di dalam seni performans, dan masih fokus pada pengolahan tubuh yang berrelasi dengan objek dan ruang-ruang yang ada di dalam markas kolektif kami.

Latihan seni performans itu selesai pada pukul dua belas siang.

Kiri ke kanan: Maria, Panji, Ufik, Ijul (pacar saya), Luthfan, Robby, dan Ule.

Usai latihan performans, saya dan beberapa teman sesame partisipan, berjalan menuju Jalan Poltangan untuk mencari makan. Rencananya, kami ingin makan ayam goreng di rumah makan yang katanya bernama “Kriuk”, tapi teman-teman saya itu malah beli ayam goreng di Sabana gara-gara warung “Kriuk” yang mereka maksud tutup. Lokasinya berada di dekat sebuah rumah makan padang yang selalu direkomendasikan oleh Ugeng. Harganya makanan di rumah makan padang tersebut terbilang mahal, tapi rasanya saya jamin 100%, ENAK PARAH!

Kami kembali ke markas Forum Lenteng sekitar pukul satu. Setelah berbincang-bincang sebentar hingga pukul dua, saya pun memilih tidur siang karena semalam saya baru berangkat tidur pada pukul empat dini hari. Saya bangun dari tidur siang itu sekitar setengah jam yang lalu. Lalu, tanpa basa-basi, mengambil laptop dan membuat catatan harian ini.

 

Jakarta, 20 April 2019, pukul 20:16 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: