petunjuk lainnya tentang performatif dan performativitas

Seperti biasa, langganan setiap bulan. Radang kembali menghampiri saya. Sebenarnya, gejala ini sudah terasa sejak kemarin sore, di Stasiun Kereta Cikini, karena air hujan tempias dari balik pagar stasiun, menerpa kepala saya. Saat bertemu Ijul, badan saya meriang dan kepala saya berat. Tapi, semalam, saya masih memaksa diri untuk begadang hingga pukul satu malam, membaca sejumlah bahan untuk mencari-cari pisau bedah yang bisa saya gunakan demi membahas @masdalu.

Tadi siang, saya kembali ke posisi duduk di mana saya biasa bekerja di markas komunitas, mulai mengetik. Tapi, saya hanya bisa membuat dua paragraf karena kepala saya masih belum fasih memahami makna dari “performatif” dan “performativitas”. Di kelas seni performans yang difasilitasi oleh Hafiz, pengertian dari istilah itu sudah dicoba untuk dirumuskan, dan rumusannya (yang dibuat oleh Dhuha) sudah cukup jelas. Akan tetapi, saya merasa masih ada aspek yang belum membuat saya berani berkata bahwa saya paham.

Karenanya, saya pun kembali melirik sejumlah artikel, PDF yang saya koleksi, lalu kanal-kanal info-info teoretik di internet. Hasil penelusuran itu mempertemukan saya dengan satu clue: “ungkapan performatif” berarti “ungkapan yang bekerja” dan “memberikan efek (perubahan)” terhadap lingkungan yang ada di luar dirinya. Menyadari bahwa itu adalah clue yang penting, saya akhirnya mengunduh lagi—padahal setahun atau dua tahun lalu saya sudah mengunduhnya—PDF-PDF yang merupakan teks-teks fundasional untuk mempelajari teori tentang “performativitas”.

Dari Austin hingga Munoz.

Saya tak menyangka bahwa saya harus membaca buku-buku tebal dan rumit itu hanya untuk memahami @masdalu secara komprehensif dan tepat-ulas.

Tapi sekarang saya terpaksa harus menghentikan aktivitas ini untuk sementara waktu karena, sepertinya, saya harus berbaring sebentar. Kepala serasa ingin pecah, langit-langit mulut saya memanas, dan ingus mulai liar seperti lahar. Kondisi ini sungguh menjengkelkan!

 

Jakarta, 28 April 2019, pukul 17:25 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: