hari ini menonton film hingga malam

Hari ini, saya bangun paling pagi, lebih pagi dari pagi-pagi sebelumnya. Pukul setengah enam. Saya bangun, Theo malah baru akan tidur. Saya bisa bangun pagi karena semalam saya tidur lebih dini: pukul tujuh sudah baringan di tempat tidur, merem pukul setengah sepuluh (kalau saya tidak salah ingat). Dan ketika bangun pagi, hal pertama yang saya lakukan setelah minum air putih adalah jalan-jalan merekam bebunyian. Bukannya suasana tenang dengan senandung burung-burung, saya malah menghadapi bising kendaraan. Itu juga belum ke jalan raya.

Pukul tujuh, setelah mandi, saya segera duduk di depan laptop dan mengunggah semua arsip bunyi yang sudah saya kumpulkan sejak tanggal 29 April. Sejauh ini, sudah lebih dari seratus bunyi yang saya rekam untuk proyek arsip Bunyi, dimulai sejak tanggal 1 April 2019.

Kegiatan mengunggah bebunyian ke Bandcamp itu selesai pukul sebelas.

Saya melanjutkan hari dengan menonton film-film yang didaftarkan ke festival kami. Jika saya tak salah hitung, ada sekitar 48 film yang sudah saya tonton. Ada lebih dari 100 film yang oleh panitia diwajibkan untuk saya tonton sebagai salah seorang selektor.

Suasana di ruang tengah, markas Forum Lenteng, tanggal 3 Mei 2019.

Sekarang, pukul sepuluh malam lebih lima puluh satu menit. Saya duduk di ruang rapat Forum Lenteng, di dekat pintu depan. Tapi, dari posisi saya duduk, saya bisa mendengar suara Hafiz yang sedang berbincang dengan—kalau saya tidak salah duga—Theo dan Dhuha. Mereka sedang membahas proyek Dailyshot yang dahulu pernah diinisiasi oleh Ugeng T. Moetidjo. Nah, sebenarnya, proyek “nge-blog” setiap hari yang sedang saya lakukan sekarang ini, termasuk proyek Bunyi, adalah proyek yang menerapkan metode Dailyshot itu. Karena sadar saya tak punya bakat seni, saya mempercayai bahwa intensitas adalah kunci untuk bisa menjadi berenergi seni.

Setelah mengunggah catatan ini, saya semestinya bersiap-siap pergi tidur agar besok bisa bangun pagi lagi.

 

Jakarta, 3 Mei 2019, pukul 22.54 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: