butuh lebih banyak tulisan

Pukul sebelas malam lebih delapan menit. Saya baru saja selesai meeting terkait kegiatan program 69 Performance Club, Forum Lenteng. Kami berencana akan menyelenggarakan presentasi seni performans di minggu keempat bulan ini.

Hari ini, puasa terasa begitu berat. Badan saya lemas sepanjang hari, dan saya juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur siang. Baru pukul setengah tiga saya benar-benar terbangun untuk bersiap-siap mengikuti meeting tersebut. Pukul lima sore, saya ngabuburit bersama Ule, Robby, Pandji, Luthfan, dan Bodas. Berbuka puasa dengan delapan goreng tahu, semangkun sop buah, dan segelas the manis hangat. Ketika berbuka puasa itu, saya berbincang-bincang dengan Theo tentang proyek bebunyian yang kami kerjakan masing-masing. Theo akan pulang ke Samarinda besok. Dia berkata kepada saya, di Samarinda nanti, dia akan melanjutkan proyek bebunyiannya untuk Gelombang Audiozine. Lalu kami membahas esensi dari praktik-praktik field recordings dan kaitannya dengan prinsip-prinsip soundscape. Dari obrolan itu, Theo dan saya bersepakat untuk memilih dua puluh rekaman bunyi yang sudah saya kumpulkan di Bunyi; keduapuluh rekaman yang dipilih oleh Theo itu akan ia muat untuk terbitan Gelombang Audiozine terbaru. Maka, setelah mengunggah catatan ini, saya harus meng-copy rekaman-rekaman itu untuk diserakah kepada Theo.

Beberapa menit yang lalu, saya berdiskusi dengan Asti tentang betapa urgent-nya kebutuhan untuk menuliskan semua praktik-praktik seni yang dalam satu tahun terakhir ini sudah dilakukan oleh para partisipan Milisifilem dan 69 Performance Club. Tulisan-tulisan ini sangat penting untuk mendistribusikan cerita-cerita tentang pengalaman dan ulasan-ulasan mengenai pemikiran tentang seni.

Lalu, baru semenit yang lalu, Andang meminta pendapat saya tentang konten presentasi yang ia persiapkan untuk forum diskusi yang akan ia hadiri di Praha bulan ini.

 

Jakarta, 13 Mei 2019, pukul 23:35 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: