teks, pameran, rapat, diskusi, teks

Pagi, pukul sembilan, saya duduk mendengar podcast berjudul “Being Korean in Japan” yang dimuat oleh Jakarta Post di website mereka. Kegiatan mendengar podcast, sepertinya, memang harus saya jadikan rutinitas baru untuk melatih pendengaran saya dalam memahami bahasa Inggris. Soalnya, listening test yang saya ikuti hari Selasa lalu membuat saya mafhum bahwa bahasa Inggris saya belum baik sama sekali. Karena kegiatan mendengar podcast merupakan rutinitas baru, jadi saya memang belum terbiasa. Dan saya pun belum mampu memahami keseluruhan isi perbincangan di podcast tersebut. Beberapa kalimat dapat saya tangkap dan pahami artinya, tapi, kalau ditanya isi secara keseluruhan, nggak.

Setelah kegiatan mendengar podcast itu—dan membaca beberapa artikel-artikel lain dari portal online berbahasa Inggris—saya pergi ke Taman Ismail Marzuki untuk melihat pameran bertajuk “Sekular” yang diadakan oleh Dewan Kesenian Jakarta. Teman saya, Gelar Soemantri, adalah salah satu seniman yang ikut berpameran. Kurator pameran itu adalah Ugeng T. Moetidjo. Tapi, sayanganya, pameran tersebut tidak bagus. Manajemennya juga tampak tidak bekerja dengan baik.

Sepulang dari melihat pameran, saya ikut rapat di organisasi saya, membicarakan rencana pelaksanaan festival film kami. Setelah rapat, saya ikut serta dalam proyek “Membaca Proust” yang diinisiasi oleh Pandji. Diskusi pada pertemuan kedua proyek tersebut terasa lebih mendalam, karena Akbar dan Rian, dua orang yang mengerti sastra dan film, juga ikut serta. Terlebih Rian, yang sudah membaca tiga per empat dari novel Prous yang berjudul Swann’s Way.

Dan sekarang, saya harus berhadapan dengan teks kuratorial Dhuha (yang rencananya akan dia presentasikan di Korea nanti). Dhuha sedang sakit, dan karenanya ia meminta saya untuk menerjemahkan teks itu bahasa Inggris. Saya meminta bantuan Asti dan Dini menerjemahkan teks-teks dari Dhuha.

 

Jakarta, 14 Juni 2019, pukul 21:54 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: