ke jatipadang mengambil sardono, lalu les lagi malam harinya

Tadi pagi saya pergi ke Jatipadang, ke rumah Ari Dina, salah satu seniman video Indonesia. Maksud saya mendatangi rumahnya adalah untuk mengambil materi penayangan dari tiga karya film Sardono. Dhuha—sedang sakit sekarang—akan mempresentasikan kurasi filmnya di Korea pada bulan Juli nanti. Tiga karya Sardono—Kecak Rina, Taifun, dan Dancing Sardono—merupakan tiga dari tujuh karya film yang akan dibawa oleh Dhuha. Empat film lainnya adalah karya Gotot.

Oh, iya! Saya menaiki bus Transjakarta dari Jalan Simatupang menuju Jatipadang. Dan pemandangan di dalam bus Transjakarta yang tidak ramai ini, seperti catatan saya dua hari lalu, menyegarkan mata saya. Entah mengapa.

Berbincang santai di rumahnya sembari menunggu ketiga file film itu ter-copy ke dalam harddisk, Ari Dina bercerita tentang pengalamannya mengikuti tes IELTS. Saya mendengarkan dengan saksama sambil menyantap pisang goreng yang ia hidangkan. Katanya, untuk bisa mengikuti tes tersebut, para calon peserta kadang juga harus ngantri, sebagaimana yang ia alami sendiri. Tapi, ketika saya coba konfirmasi ke Asti beberapa saat lalu, Asti berkata bahwa pelayanan di British Council Indonesia lebih cepat. Para calon peserta tidak perlu mengantri.

Pertemuan keempat di kursus intensif persiapan tes IELTS yang saya ikuti hari ini mengulas tips-tips menjalani tes Reading. Berbeda dengan latihan Listening di pertemuan sebelumnya, tes yang kali ini bahkan tetap terasa sangat sulit meskipun sudah dijelaskan cara menjawabnya oleh fasilitator kami. “Sungguh merepotkan, kalau begini!”

Saya benar-benar harus lebih disiplin belajar bahasa Inggris.

Jakarta, 20 Juni 2019, pukul 23:00 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: