soto kwali

Kemarin siang, saya diajak oleh Ule dan Robby untuk makan di warung murah meriah. Namanya warung Soto Kwali. Bagi saya, harga soto di warung itu bukan meriah meriah lagi, tapi murah luar biasa. Soto mangkuk kecil, istilah si Bu De yang menjualnya, cuma Rp 3.000,-. Awalnya saya mengira perut saya tak akan kenyang jika menyantap soto seiprit. Ternyata tidak. Soto tiga ribu, dua gorengan (satunya dihargai seribu rupiah), dan segelas air. Kenyang.

Siang hari ini, bersama Ule, saya mampir lagi ke warung soto itu. Sejak kemarin saya sudah menyiapkan uang lima belas ribu rupiah untuk jatah tiga kali makan; menunya Soto Kwali. Si Bu De kemarin bilang ke saya bahwa warungnya buka dari pukul delapan pagi hingga bada maghrib. Jadi, saya bisa kenyang seharian hanya dengan uang lima belas ribu rupiah.

Robby di depan warung Soto Kwali. Diambil tanggal 20 Juni 2019.

Nah, karena tadi pagi saya tidak sarapan, jadi saya masih punya uang sepuluh ribu rupiah untuk jatah makan siang. Karena itu, saya pun memesan soto mangkuk besar, seharga Rp 5.000,- dan tambahan tiga goreng tempe. Saya menyesal. Porsi itu terlalu banyak. Perut saya jadi terlalu kenyang. Dan waktu harus membayar, si Bu De baik sekali dengan meminta hanya tujuh ribu rupiah, bukan delapan ribu.

Robby dan Ule di depan warung Soto Kwali. Diambil tanggal 20 Juni 2019.

Lokasi warung Soto Kwali ini jaraknya sekitar 1,2 km dari markas organisasi kami. Butuh waktu sekitar tiga belas menit berjalan kaki jika saya ingin ke sana. Kemarin, saya, Ule, dan Robby berjalan kaki. Tadi siang, saya dan Ule menggunakan sepeda motor. Kita akan melewati TPU Tanjung Barat terlebih dahulu, sebelum masuk ke gang-gang perumahan dan sejumlah jalan-jalan tikus. Berkelok-kelok. Susah juga saya menjelaskannya. Kalau ingin ke sana, lihat saja peta di bawah ini (dari Forum Lenteng menuju Soto Kwali).

Rasa sotonya juga enak. Si Bu De—yang belum saya tahu namanya—tampak ikhlas berjualan soto, dan mungkin dia memang tipe orang yang suka menolong orang lain. Orang-orang seperti Bu De ini yang saya kira layak masuk surga.

 

Jakarta, 21 Juni 2019, pukul 22:00 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: